Pengertian VPN

Pengertian VPN
Hai teman kembali lagi bersama kami web terbaik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, nah pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang Pengertian VPN.
Sebelum membahas lebih lanjut tentang VPN (Virtual Private Network), penting untuk memahami pemahaman VPN terlebih dahulu.
Karena pemahaman adalah hal dasar dari vpn yang harus dipahami sebelum melanjutkan ke fungsi, jenis, dan cara kerjanya.
Namun yang pasti, VPN membuat jaringan internet lebih aman dan ini tentunya dapat menguntungkan penggunanya.
Misalnya, bagi mereka yang sering melakukan transaksi finansial besar. Baik itu dari situs stok dan e-banking, VPN dapat menjadi solusi terbaik.
Karena VPN ini akan membuat semua transaksi data lebih pribadi, sehingga Anda lebih tahan dari peretas berbahaya Vpn terbaik .
Setidaknya, dengan VPN itu juga akan membuat jejak sejarah kegiatan internet lebih terlindungi, karena semuanya akan segera tercakup.
Dengan demikian, riwayat pencarian pengguna tidak dapat dideteksi oleh orang lain atau orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, VPN sangat cocok digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.
Hal terakhir yang menjadi alasan mengapa banyak orang menggunakan VPN adalah karena dengan ini, proses pengunduhan semakin cepat. VPN secara efektif meningkatkan kecepatan unduhan internet.
Karena ketika Anda menggunakannya, Anda bisa merasa seperti menggunakan jaringan pribadi. Di mana hanya Anda yang terhubung ke aliran data secara langsung, sehingga kecepatan unduh lebih cepat.
Berikut ini merupakan pengertian VPN yang harus anda ketahui.
Disebut Jaringan Virtual karena VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantara alias koneksi tidak langsung juga disebut Jaringan Pribadi karena VPN bersifat pribadi atau dapat dikatakan bahwa hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya.
Fungsi VPN
Fungsi VPN
VPN memiliki tiga fungsi, yaitu menjaga kerahasiaan data (secara rahasia), persyaratan data (integritas data), dan otentikasi sumber (otentikasi asal). Berikut ini adalah penjelasan di bawah ini.
1. Confidentially
itu berarti melindungi data atau informasi milik pengguna internet sehingga orang lain tidak tahu dan menyalahgunakannya.
Dengan mengakses internet dengan VPN, web yang dilacak oleh pengguna internet hanya akan dapat melacak jalur ke server VPN, dan tidak akan menemukan alamat IP komputer pribadi pengguna.
2. Origin Authentication
itu berarti bahwa VPN memiliki keahlian untuk mengotentikasi data yang masuk, dengan memeriksa data dan kemudian mengakses informasi dari sumber.
Jika proses otentikasi berhasil, maka data yang dikirim dan diterima tentu bisa aman.
3. Data Integrity
itu berarti VPN yang mengimplementasikan teknologi untuk menjaga integritas informasi mulai dari tempat data dikirim, melalui internet, hingga akhirnya mencapai penerima.
VPN memastikan bahwa proses pengiriman perjalanan, data tidak akan mengalami berbagai macam gangguan.
Manfaat VPN
1. Remote Access
Artinya dengan menggunakan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja asalkan terhubung ke internet atau jaringan publik.
2. Hemat
Bisa membuat hemat biaya pengaturan jaringan, VPN juga bisa digunakan untuk menyambungkan jaringan lokal yang terbilang luas dengan biaya lebih rendah.
Baca Juga :  Pengertian Framework Codeigniter
Karena pengiriman data yang digunakan dalam VPN melibatkan jaringan internet dan jaringan publik yang sebelumnya ada tanpa perlu membentuk jaringan sendiri.
3. Keamanan
Dengan memakai sambungan VPN yang dapat kita telusuri, cari secara aman saat akses ke dunia maya ataupun jaringan internet umum seperti hotspot dan internet di kafe.
Jenis VPN
Ada tiga jenis VPN di dunia ini, yaitu Access VPN, Intranet VPN, dan Extranet VPN. Penjelasan berikut tentang VPN ketiga.
1. Akses VPN
Akses VPN atau Virtual Private Dial-Up Network (VPDN) adalah koneksi pengguna-ke-LAN yang digunakan oleh perusahaan untuk karyawan yang membutuhkan jaringan internet.
Remote Access VPN dapat menjadi pekerja untuk mengakses data penting.
2. Extranet VPN
Extranet VPN adalah VPN yang digunakan untuk menghubungkan kantor dengan pihak luar seperti pelanggan, pemasok, mitra bisnis, atau komunitas ke dalam jaringan internal menggunakan koneksi khusus.
Dengan Extranet VPN perusahaan yang terlibat dapat berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cepat, mudah, tetapi harus memiliki sistem keamanan yang terjamin.
3. Intranet VPN
VPN intranet atau situs ke situs VPN adalah VPN yang digunakan untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau kantor cabang melalui jaringan bersama menggunakan koneksi permanen (khusus).
Cara Kerja VPN
Cara Kerja VPN
Secara umum, ketika Anda terhubung ke internet, sebenarnya sebelum Anda dapat mengakses situs web, Anda akan terhubung ke ISP (Internet Service Provider).
Maka baru setelah itu Anda dapat terhubung ke situs web yang diinginkan. Semua permintaan lalu lintas data untuk situs web akan melalui server ISP terlebih dahulu, dan juga dapat dilihat dari ISP.
VPN membutuhkan server yang memiliki tujuan sebagai penghubung antar PC. Anda dapat menggunakan komputer yang telah menggunakan aplikasi VPN Server. Anda juga dapat menggunakan Router seperti MikroTik RB 750.
Komputer dengan aplikasi VPN Client menghubungi Server VPN sebagai awal koneksi. setelah itu VPN Server akan memverifikasi nama dan kata sandi. misalnya berhasil, Server VPN akan memberikan Alamat IP baru pada komputer klien dan kemudian koneksi atau terowongan akan terbentuk.
Selanjutnya, komputer klien dapat digunakan untuk mengakses berbagai sumber daya (komputer atau LAN) yang ada di belakang Server VPN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *